Pendahuluan

Masa TK (usia 4 s/d 6 tahun) masih termasuk dalam fase Pendidikan Anak Usia Dini sekaligus masa peralihan ke jenjang Sekolah Dasar. Pada tahap ini, anak semakin lancar bicara dan berhitung serta mulai mengenal bentuk, warna dan ukuran. Fokus kegiatan belajar mengajar, kami titikberatkan pada mengasah keterampilan belajar anak agar potensi unik anak berkembang dan memiliki keterampilan yang dibutuhkan di tingkat Taman Kanak-Kanak.

Taman Kanak-Kanak Al-Izhar Pondok Labu secara berkesinambungan mendidik anak dengan beragam pilihan kegiatan untuk mengembangkan berbagai kebiasaan baik, kemandirian dan kreativitas anak.

Nilai-Nilai Yang Dibangun dan Dikembangkan

Individu yang berintegritas :

1. Jujur
2. Menghargai (Respect)
3. Berani (Courageous)
4. Pengasih
5. Rendah Hati
6. Nasionalis.

Struktur Organisasi, Visi dan Misi

VISI :

Menjadi pusat pendidikan yang menumbuhkembangkan intelektual islam berwawasan luas.

MOTTO :

Iman, Mandiri, Kreatif, dan Nasionalis

FOKUS PENGEMBANGAN SISWA :

Membantu mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak meliputi aspek moral dan nilai-nilai agama, sosial-emosional, bahasa, kognitif, fisik, dan seni sehingga memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk tingkat pendidkan selanjutnya (SD).


Kurikulum

TK Islam Al Izhar Pondok Labu merupakan lembaga pendidikan umum yang menggunakan :

1. Kurikulum nasional yang ditetapkan Kemendikbud sebagai dasar penyelenggaraan program pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan anak, serta program pengembangan agama islam (PAI) dari Departemen Agama, dengan muatan disesuaikan dengan visi dan misi AL-Izhar.

2. Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar.

3. Menekankan pada keterampilan proses dengan model pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) dan Evidence Based Practice (EBP). Model IBL dan EBP digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan karakter positif siswa.

Seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler.

Mengapa Memilih Taman Kanak-Kanak Al-Izhar ?

  • 1.

    Kurikulum Nasional Yang Diperkaya
    Menyelenggarakan pendidikan umum berdasarkan Kurikulum Nasional yang mengembangkan nilai-nilai Islam : Jujur, Menghargai, Berani, Pengasih, Rendah Hati, Nasionalis.

  • 2.

    Berbahasa Indonesia, Berorientasi Global
    Membangun kesadarn murid sebagai warga dunia yang harus berkontribusi dengan tetap mencintai Indonesia dengan mengembangkan budaya tradisional dan berbahasa Indonesia.

  • 3.

    Mengembangkan Potensi Murid
    Menyelenggarakan pendidikan yang menumbuhkembangkan potensi murid untuk menjadi manusia beriman, mandiri, kreatif, dan nasionalis yang mencintai keragaman.